TUGAS
I
MATA KULIAH
TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
DISUSUN OLEH
miftahul jannah.zair
1349040015
PRODI PGPAUD/A
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas,
Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri
dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan
yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang
ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU,
Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat
melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi.
Saat ini,
komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah komputer.
GENERASI KOMPUTER
GENERASI PERTAMA
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu
juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang
dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat
dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang
sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),
ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000
kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain
Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan
sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan
Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil
mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi
kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa
mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
GENERASI KEDUA
Pada tahun
1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington
D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk
menggantikan kode biner.
Pada awal
1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu
contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang
tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
GENERASI KETIGA
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor.
Hasilnya,
komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam
chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem
operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor
dan mengkoordinasi memori komputer.
GENRASI KEEMPAT
Setelah IC,
tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang
setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal
tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,
IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang,
sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi
seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah
tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel
injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan
dapat diprogram.
Pada tahun
1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di
rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit
pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian,
65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang
dapat digenggam (palmtop).
IBM PC
bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh
juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk
menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu
komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
GENERASI KELIMA
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut
menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang
sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak
kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan
pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model
non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak
CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi
superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah
negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk
untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi
kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
INPUT DAN OUTPUT DEVICE PADA KOMPUTER
·
INPUT
DEVICE
Untuk menghasilkan output atau hasil
yang berkualitas, menarik, sesuai keinginan user (pengguna) dan mempermudah
dalam penggunaannya, sekarang telah dibuat berbagai macam input device
komputer. Input device komputer adalah peralatan yang digunakan oleh user untuk
memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Beberapa alat input mempunyai fungsi
ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output
sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat
dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat
alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non
intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent
terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan
tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti
ini juga disebut sebagai dumb terminal.
Smart terminal mempunyai alat pemroses
dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi
kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh
pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat
diprogram oleh pemakai.
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai
alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung.
Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses.
Macam-macam
input device (alat masukan) komputer, yaitu :
1.
KEYBOARD
Keyboard merupakan alat masukan data (input device)
yang penting, sering digunakan, dan selalu ada dalam setiap komputer. Keyboard
berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus dan melakukan
instruksi-instruksi (perintah) lainnya.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1) QWERTY
2) DVORAK
3) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1) Typewriterkey
2) Numerickey
3) Functionkey
4) specialfunctionkey.
1.
MOUSE
Mouse
merupakan salah satu alat masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.
2.
SCANNER
Scanner adalah alat masukan yang dapat
menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung
dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut
dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat
disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file
teks, dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip
seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung
dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi,
dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan.
Sedangkan scanner hasilnya langsung
ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau
modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.
Scanner berukuran pena bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enaminci dan beratnya sekitar tiga ons.
Scanner berukuran pena bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enaminci dan beratnya sekitar tiga ons.
Scanner tersebut menurut WizCom dapat
melakukanpekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk
datar.Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara
langsung ke semua aplikasikomputer yang mengenali teks ASCII.
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1. Scanner
yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat
itu saja.
2. Scanner
yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna.
Warnawarna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
3. Scaner
yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi
kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner
dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24
bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat
baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi
warna lebih banyak dan bagus.
4. TOUCHPAD
Touchpad digunakan sebagai pengganti mouse. Dan
fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Alat masukkan ini biasanya terdapat pada laptop dan notebook.
Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
5.
LIGHT
PEN
Light pen adalah alat masukan yang berfungsi sebagai
pointer elektronik, digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar, langsung
diatas screen (monitor). Cara kerja light pen adalah sensor yang terdapat
didalam light pen mengirimkan sinyal cahaya ke komputer dan kemudian cahaya
tersebut direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
· OUTPUT DEVICE
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan
untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal
elektronik. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam
simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti
magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output
dan juga sebagai alat input.
Output
bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari
alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk
ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan
output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan
alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk
drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
1. MONITOR
Layar monitor juga disebut computer
display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang
berfungsi menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh
komputer tanpa merekamnya. Layar monitor saat ini lazimnya ditampilkan dalam
dua buah bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti monitor
TFT LCD.
Nama monitor CRT berasal dari nama
tabung yang terdapat di monitor. Bagian belakang tabung tersebut memiliki
katoda yang dimuati muatan negatif. Penembak elektron mengeluarkan elektron ke
bawah tabung kelayar yang bermuatan listrik yang akan memendarkan cahaya jika dikenai
elektron.Tiap kluster di layar memiliki tiga warna, tiap satu warna disebut
satu piksel.
Gambar di layar monitor biasanya terbuat
dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai dengan perintah dari komputer.
Semakin dekat jarak pikselnya akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jarak
antar piksel yang terdapat di monitor disebut dot pitch, satuannya adalah
milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau
kurang.
Adapun monitor LCD adalah monitor yang
tipis, dan ter-susun dari beberapa piksel warna atau piksel monokrom yang
dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor.
LCD sangat terkenal karena hemat energi dan sedikit memakan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan hanya dengan sumber daya baterai. Hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
LCD sangat terkenal karena hemat energi dan sedikit memakan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan hanya dengan sumber daya baterai. Hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki
tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
2. PRINTER
Printer atau pencetak adalah alat yang
menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik,
di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker
sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta
atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut
tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah
perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet
tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer
tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk
pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis
dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port
paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih.
Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan
perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak
mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet /
jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
3. SPEAKER
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi
speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar
tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang
menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih
memberikan kepuasan yang lebih.
4. PLOTTER
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama
dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari
plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan
biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya. Plotter
juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan
menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet
dan bubuk tinta (Laserjet)
5. HEADPHONE
Fungsi
headphone sama dengan fungsi speaker. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Headphone dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu
memerlukan banyak tempat.
KOMPONEN KOMPUTER DAN PENJELASANNYA
1. CASING
Cashing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.
2.
POWER
SUPPLY
Ibarat
sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka
sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki
power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah
komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke
komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk
drive, dan lain sebagainya.
3.
MOTHERBOARD / MAINBOARD
Motherboard
adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan
komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card,
hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan
setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu
sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing,
spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas
maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
4.
PROCESSOR
Jika
sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak
manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah
komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan
perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari
tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.
5.
RAM
RAM
adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang
berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita
jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum
membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang
dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain
sebagainya.
6.
VIDEO
CARD
Video
card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output
gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian
harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh
motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain
sebagainya.
7.
HARD DISK
Hard
disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar
kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga
data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk
kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki
oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
8.
OPTICAL DISC DRIVE
Walaupun
tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi
rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi
dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika
suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau
DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc
Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.
Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu
interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau
lain sebagainya. selain fungsi di atas klo windows kita rusakakan sangant
membingungkan untung saja ada cara instal ulang windows
lewat flashdisk
MEDIA PENYIMPAN DATA
Media penyimpan data adalah Alat yang digunakan untuk
menyimpan data atau programd iamana data yang disimpan tersebut dapat dibaca
kembali untuk diprose oleh komputer.
Media penyimpan data dapat dibedakan sebagai berikut:
- Media
Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu:
RAM (Random Access Memory) dan
ROM (Read Only Memory) - Media
Penyimpan Cadangan (External Storage) antara lain yaitu:
Hardisk, Magnetik disk, Optic disk, Flash disk
HARD DISK
Hard disk merupakan
media penyimpan data luar (External Storage) yang berfungsi meyimpan
data atau program dalam kapasitas yang besar. Data yang tersimpan di hardisk
sifatnya permanen artinya data tidak hilang meskipun komputer dimatikan
dan dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan. Kapasitas atau kemapuan menyimpan
hard disk: mulai dari 540 MB, 1GB sampai dengan 120 GB dan akan
semakin terus bertambah kapasitasnya.
Beberapa
merek hardisk antara lain : Maxtor, Seagate, Fujitsu, dll
FLOPPY DISK (Disket)
Merupakan
media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif
tipis dan keras. Data yang tersimpan di dalam disk ini sifatnya permanen tidak
terpengaruh daya atau arus listrik jika suatu saat diperlukan data tersebut
dapat di ambil atau dibaca kembali. Ukuran yang umum diperdagangkan ada yang 5
¼” dengan kapasitas penyimpanannya 1,2 MB dan 3/5 “ sedangkan
kapasitasnya penyimpanya 1,44 MB. Media penyimpan ini dapat
digunakan hampir disemua jenis komputer. Merek yang ada dipasaran
antara lain adalah: FUJI, Verbatim, Sony dll
CD/DVD
Merupakan
media penyimpan data optical disk berbentuk piringan dengan
kapasitas penyimpan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R
(Recordable) dapat menyimpan data sampai 700 MB, hanya dapat
menyimpan sekali tidak dapat diulangi. Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat
membaca dan menyimpan / menulis data berkali-kali. DVD-R dan
DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain yang
mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran diatas 10
GB dalam 1 piringan. Beberapa merek CD/DVD antara lain:
Sony, Verbatim dll
FLASH DISK
Flash disk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas
penyimpan cukup besar, Flash disk dihubungan pada komputer
melalui USB (Universal Serial Bus). Dibanding
disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat hampir sama
dengan hardisk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan
mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari 64 MB, 128 MB, 512 MB dts. Merek
yang ada dipasaran antara lain: Kingston, Sundisk, dll
JENIS-JENIS ICT
Sejak akhir abad
ke-19, cara orang berkomunikasi telah benar-benar berubah. Tidak lagi terikat
pena dan perkamen, orang sekarang dapat memberikan sejumlah besar data dengan
menekan sebuah tombol. Teknologi komunikasi baru telah terhubung tidak hanya
orang, tetapi juga bisnis, mengubah cara orang berinteraksi setiap hari.
Telepon
Alexander Graham Bell merevolusi
cara orang berkomunikasi dengan patennya di telepon pada tahun 1876. Selama
abad yang lalu, kemajuan teknologi telah menggantikan hardware berat dan logam
kabel dari desain asli dengan microcircuitry ringan. Kemajuan ini juga
memungkinkan untuk transisi dari darat ke nirkabel, membebaskan orang untuk
berkomunikasi dari lokasi terpencil.
Di seluruh dunia, jutaan orang
dapat berbicara satu sama lain, memperluas bisnis dan meningkatkan hubungan
yang mungkin tidak bertahan melintasi jarak jauh. Telepon juga memungkinkan
untuk komunikasi instan, dan teknologi baru mengintegrasikan video dan
internet.
Pesawat telepon pertama, serta
rekan-rekan modern mereka, terdiri dari dering, pemancar, dialer, hook switch,
sumber listrik dan sirkuit anti-sidetone, semua yang telah dikemukakan oleh
teknologi baru.
RADIO
Pada tahun 1906, Reginald
Fessenden, pencipta pertama pemancar radio canggih, memperluas gagasan
Guglielmo Marconi, mengirim musik dan pidato di gelombang udara. Ini penemuan
radio memungkinkan suara dan informasi untuk disiarkan ke penonton sangat luas.
Radio mencapai zaman keemasan selama tahun 1920, dan perusahaan mengiklankan
produk mereka kepada konsumen di seluruh dunia. Selama tahun 1930-an radio
diperluas lebih lanjut dalam berita, politik, rutinitas vaudeville dan acara
olahraga, siaran ke jutaan rumah setiap hari.
TELEVISI
Televisi diperkenalkan kepada
publik pada tahun 1946, meskipun telah bereksperimen dengan sejak 1920-an.
Televisi meledak di rumah-rumah di seluruh dunia, pergi dari 940,000 rumah
tangga di awal menjadi 20 juta pada 1953. Korporasi tiba-tiba memiliki
kesempatan untuk menunjukkan produk mereka, bukan hanya menggambarkan mereka.
Selama dekade berikutnya, televisi menjadi sumber dominan dari komunikasi
kepada khalayak luas, dan mengubah lanskap politik dan budaya selamanya.
Orang-orang tiba-tiba bisa menyaksikan peristiwa ikonik, seperti pendaratan di
bulan pertama dan perkembangan gerakan hak-hak sipil.
Sebuah kritik utama adalah bahwa
televisi mengurangi kegiatan yang kompleks menjadi hiburan sederhana, tapi
televisi di sini untuk tinggal, mengubah cara orang menerima berita mereka.
INTERNET
Penciptaan Internet memungkinkan jaringan komputer dari seluruh dunia
untuk jaringan dengan satu sama lain, memberikan individu akses ke kekayaan
informasi yang luar biasa. Pada tahun 2010, sekitar setengah dari populasi
dunia memiliki akses ke Internet, tumbuh dari hanya 6 persen dari populasi pada
tahun 2000.
Email, jaringan sosial,
newsgroup dan transmisi video telah menghubungkan dunia tidak seperti sebelumnya.
Masalah privasi telah muncul dengan cepat dari Internet, terutama dengan
pemantauan pemerintah dan beberapa situs jaringan sosial, namun Internet telah
terjalin dirinya ke dalam struktur masyarakat dan bisnis. Koneksi berkecepatan
tinggi memungkinkan untuk sejumlah besar informasi yang akan ditransfer dalam
hitungan detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar