TUGAS III
MANFAAT
INTEGRASI ICT DALAM LINGKUP PAUD
DISUSUN OLEh
miftahul jannh.zair
1349040015
PRODI
PGPAUD/A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA
DINI
FAKULTAS LIMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014
MANFAAT INTERGASI
ICT BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
|
Komputer kini tengah menjadi salah
satu media pembelajaran alternatif untuk anak usia dini. Hal ini dapat
dilihat dari kian marak dan berkembangnya software-software dengan
program tertentu dalam bentuk CD interaktif untuk membantu pembelajaran anak
usia dini. CD interaktif yang ditawarkan pun sangat beragam jenisnya mulai
dari pembelajaran umum hingga pembelajaran yang sifatnya islami. Mulai dari pengenalan
huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri dan lain-lain. Contoh
dari CD islami yaitu pengenalan huruf hijaiyah, sholat, wudhu dan lain-lain.
Metode yang ditampilkan oleh CD interaktif pun bermacam-macam, ada yang
menggunakan metode bernyanyi, bercerita, permainan atau bahkan kombinasi dari
beberapa metode dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga terdapat
keterlibatan terhadap diri anak.Pembelajaran melalui CD interaktif yang
diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi beberapa
kecerdasan. Misalnya kecerdasan kognitif yaitu dengan bertambahnya
pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu. Kecerdasan
bahasa, yaitu dapat dilihat dari bertambahnya kosa kata anak. Hal lain yang
dapat dikembangkan dari pembelajaran melalui komputer bagi anak adalah
stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak
tangan. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga menstimulasi
bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar
anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat
teknologi terutama dalam penggunaan komputer.
Mengatasi keterbataasan
ruang, waktu dan daya indera dapat mendorong anak untuk belajar selain metode
verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan
belaka). Anak dapat mempunyai bekal kesiapan yang
pasti memasuki gerbang perguruan tinggi. Pengetahuan yang
dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewat
yang dapat ditemukan dari bahan ajar lain yang
berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode
digital.
Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi
dengan teman sebangku akan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang
bersifat statis atau interaktif.
Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah
menunjukkan pengetahuan,mengganti simulasi yang berbahaya,memberi daya
tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat
desain multimedia. Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan
perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca,
berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat
pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang
sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan ini, komputer
dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak.
Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan,
sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak
dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasiSelain
memiliki manfaat, komputer juga menyimpan mudhorot. Kemunculan teknologi
komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif
yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari
pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara
sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan
memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu
pengembangan intelektual dan motorik anak.Pengaruh negatif lain, adalah
terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses
internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan
wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk
yang membanjiri internet.Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks,
kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina
mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada
sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah
berselancar di internet.
Demi mencegah dampak negatifnya,
ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.Pertama, orangtualah yang
seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
Karena itu, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gatek. Kedua,
gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak.
Peran
penting orangtua menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada
anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam
mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua
orangtua, kembali mengingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan
komputer bagi anak.Pertama, berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan
berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan
komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang
akan datang.Kedua, perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek tertentu,
termasuk pada fisik seseorang. Karena perhatikan juga masalah tata ruang dan
pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat
dapat mengganggu indera penglihatan anak.Ketiga, pilihlah perangkat lunak
tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih
merupakan program edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan
kemampuan anak.Keempat, perhatikan keamanan anak saat bermain komputer dari
bahaya listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum
terkena bagian tertentu dari badan Central Processing Unit (CPU)
komputer.Kelima, carikan anak meja atau kursi yang ergonomis (sesuai dengan
bentuk dan ukuran tubuh anak), yang nyaman bagi anak sehingga anak dapat
memakainya dengan mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala
harus mendongak yang dapat menyebabkan kelelahan. Alat kerja yang tidak
ergonomis juga tidak baik bagi anatomi anak untuk jangka panjang.Keenam,
bermain komputer bukan satu-satunya kegiatan bagi anak. Jangan sampai anak
kehilangan kegiatan yang bersifat sosial bersama teman-teman karena terlalu
asik bermain komputer.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar